Site Overlay

Jasa Penelitian dan Kajian Perusahan

Ingin menggunakan jasa konsultan untuk menyusun kajian?

Silahkan kontak ke nomor 0813-1884-1717 atau tekan tombol logo WhatsApps untuk mengajukan layanan konsultan. 

Corporate research – Tantangan pasar terbuka yang telah mendunia dan di bawah tekanan persaingan dengan kompetitor, bisnis sekarang harus mendapatkan tingkat kinerja yang lebih tinggi dari biasanya. Dalam konteks ini, kegiatan corporate research adalah faktor kunci yang dapat memberikan penilaian yang objektif tentang prospek perusahaan, lingkungan persaingannya, dan analisis terperinci tentang potensi pendapatannya.

Apa itu corporate research?

Secara sederhana, corporate research merupakan sebuah aktivitas penelitian yang kita lakukan untuk mengevaluasi dan memahami fenomena di dalam aktivitas bisnis level korporat. Seperti halnya penelitian yang dilakukan oleh akademisi, corporate research juga berawal dari isu atau masalah yang kemudian dijadikan sebuah hipotesis untuk diteliti hingga akhirnya nanti menghasilkan rekomendasi bagi perusahaan. Sebelum menyusun rekomendasi, idealnya memang melakukan penelitian terlebih dahulu. Misalnya, di negara kita ada Bappenas (Badan Pengembangan Nasional), kalau di perusahaan biasanya ada RnD (research and development) yang aktivitasnya melakukan update untuk mengevaluasi dan membantu para direksi untuk memecahkan isu atau project yang nantinya dapat menjadi salah satu pedoman dalam pengambilan keputusan. Ketika perusahaan memiliki masalah dalam perencanaan strategi, maka perlu dilakukan penelitian, misalnya apakah ada hubungan motivasi karyawan terhadap capaian kinerja. Kadangkala, perusahaan tidak memiliki sumber daya untuk melakukan penelitian tersebut, sehingga perusahaan perlu meminta bantuan pihak eksternal yaitu konsultan untuk melakukan penelitian tersebut. Output-nya bisa dalam bentuk kajian, dokumen evaluasi, dsb. Namun secara umum, corporate research adalah aktivitas penelitian untuk memecahkan masalah yang ada di dalam perusahaan, yang output-nya berupa rekomendasi sebagai pedoman dalam pengambilan keputusan oleh para pimpinan.

Jasa RJPP

Apa manfaat Corporate Research bagi Perusahaan?

  1. Memudahkan para pimpinan dan manajemen dalam pengambilan keputusan, sehingga keputusan lebih presisi, akurat dan tingkat error lebih kecil.
  2. Memudahkan tahapan-tahapan dalam penyusunan ide atau strategi, karena didasarkan pada bukti empiris sehingga potensi keberhasilannya lebih tinggi.
  3. Menarik dan meyakinkan para investor karena nilai perusahaan semakin meningkat.

Apa saja komponen dari Corporate Research?

  1. Pendahuluan yang terdiri dari latar belakang yaitu permasalahan/isu utama yang akan diselesaikan dan tujuan.
  2. Metode penelitian yaitu penjelasan mengenai metode yang paling tepat bagi penelitian.
  3. Mengumpulkan dan mengolah data yang diterima menggunakan alat analisis sesuai topik penelitian, misalnya regresi maka memakai SPSS, jika mau melihat korelasi antar variabel dengan variabel lain maka menggunakan SEM-PLS atau AMOS. 
  4. Interpretasi data yaitu penyampaian hasil olah data sesuai dengan teori dan framework yang digunakan dalam penelitian.
  5. Kesimpulan dan rekomendasi, bisa dalam bentuk keputusan, policy atau bisa dalam bentuk rencana aksi yang akan dilakukan stakeholder perusahaan.

Bagaimana tahapan dari penyusunan dokumen Corporate Research?

  1. Penentuan tema besar, isu strategis apa yang akan kita selesaikan, atau tujuan
  2. Melakukan data collecting, mulai dari menyiapkan instrumen pengumpulan data dst
  3. Analisis data, di dalam analisis data, ketika sudah mendapatkan hasil, maka selanjutnya yaitu melakukan interpretasi data, yang dilanjutkan dengan simulasi atau follow up dalam bentuk rekomendasi, keputusan, sehingga pimpinan akan lebih mudah dalam pengambilan keputusan sesuai konsekuensi yang akan diperoleh.

Apa dampak positif dari Corporate Research bagi stakeholder?

Dampak dari corporate research ini bermacam-macam. Misal kita mau melakukan research terkait strategic positioning, nah kita menjual produk yang sama dengan kompetitor, kemudian lokasinya sama, lalu bagaimana kita bisa bersaing dan menjadi pemenang? Nah, hal inilah yang kita cari solusinya. Sehingga, manfaatnya adalah pertama, tentunya dari hal ini kita bisa melihat hasil dari strategic positioning ini, jadi dari strategi ini kita dapat menciptakan keunggulan bersaing berkelanjutan. Hal ini bisa kita lakukan melalui dua acara, pertama kita perlu membuat rumusan atau inisiatif yang mana aktivitas itu betul-betul berbeda dengan kompetitor kita. Kedua, kalau kita tidak bisa melakukan different activities, maka kita bisa melakukan aktivitas yang sama namun dengan cara yang berbeda/unik, aspek terpenting dari cara yang unik ini adalah efektivitas. Jadi misal kita sama-sama memproduksi ayam goreng, misal kompetitor kita memerlukan uang Rp 100.000 untuk memproduksi 20 ayam, nah karena cara produksi kita lebih efisien, kita hanya memerlukan uang Rp 75.000 untuk jumlah produksi yang sama. Nah, ini akan menghasilkan strategic positioning yang menarik.

Jasa RJPP

Apa alat analisis yang digunakan dalam penyusunan dokumen Corporate Research?

Alat-alat yang digunakan disesuaikan dengan masalah yang diteliti. Misalnya, saat ini saya membantu salah satu organisasi pemerintahan di Indonesia. Masalah yang dihadapi adalah bagaimana membantu masyarakat berpenghasilan rendah ini untuk bisa naik kelas. Nah maka inisiatif yang saya tangkap ketika saya wawancara dengan stakeholder adalah perlu adanya sinergi antara semua stakeholder yang ada di kota tersebut. Maka untuk bisa memecahkan masalah ini dengan tujuan tadi, saya menggunakan alat triple helix. Triple helix ini adalah sebuat alat yang kita gunakan untuk mensinergikan semua stakeholder, mulai dari pemerintahan, universitas, industri, media, asosiasi, dsb. 

Kemudian, pernah juga 2 tahun yang lalu, ada klien yang minta untuk mengevaluasi efektivitas program yang selama ini dilakukan oleh perusahaan itu. Maka saya harus bisa melakukan mapping, saya menggunakan benchmark yaitu GE Matrix (General Electric Matrix). Kemudian ada juga sebuah kasus, yang penyelesaiannya tidak ada benchmark, maka yang dilakukan adalah brainstorming dengan para stakeholder untuk membuat sebuah model yang nantinya bisa digunakan untuk memecahkan masalah.

Bagaimana metode kerangka berpikir untuk penyusunan dokumen Corporate Research?

Berbicara mengenai metode kerangka berpikir kembali lagi pada alat yang kita gunakan. Kadangkala kita menggunakan kerangka berpikir secara general, contohnya kita temukan dulu tujuan dari kajian ini, kemudian mengekstrak teori/model yang akan digunakan ke dalam konteks masalah yang dihadapi oleh klien. Setelah berhasil melakukan rekonstruksi atau rekonsepsi dari framework itu dan fit/cocok dengan kebutuhan klien, maka selanjutnya adalah membahas terkait metode penelitian, mulai dari data collecting dsb. Setelah menentukan metode, maka selanjutnya harus menentukan solusi/strategi bagi klien, kemudian dilanjutkan pada aransemen pendukung, apakah nanti perlu dilakukan perubahan struktur, perubahan kompensasi, dsb.

Berapa lama pengerjaan Corporate Research?

Project kali ini berbeda dengan jasa lain, untuk corporate research bervariasi, bisa dalam hitungan bulan atau bahkan sampai 1 tahun. Biasanya yang 1 tahun ini perlu membuat simulasi terlebih dahulu.

Ingin menggunakan jasa konsultan untuk menyusun kajian?

Silahkan kontak ke nomor 0813-1884-1717 atau tekan tombol logo WhatsApps untuk mengajukan layanan konsultan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up